adsense

Ticker

6/recent/ticker-posts

30 Juni Waktu Melambat , Bagaimana Dengan Dunia Internet


Seorang-newbie.com - Besok 30 juni 2015 waktu komputer dunia akan melambat dan bertambah setedik yaitu 23:59:59 UTC. bagaimana dengan internet dunia ?

Peristiwa melambatnya waktu ini disebut dengan detik kabisat ( leap second ) yang dimaksudkan untuk menyesuaikan waktu internasional dengan waktu rotasi bumi sebenarnya karena satu hari tidak tepat 24jam.

Para ilmuwan mengatakan bahwa peristiwa detik kabisat ( Leap Second ) ini sangat penting untuk mengimbangi bumi tetapi bagaimana dengan internet dunia ? menurut beberapa ahli komputer peristiwa ini akan membawa dampak internet dunia.

Sebab , seperti dirangkum Kompas Tekno dari The Next Web, Minggu (28/6/2015). jaringan internet mengandalkan waktu yang tepat agar menghubungkan semua komputer untuk saling berkomunikasi dengan baik.

Update soal waktu disalurkan melalui Network Time Protocol (NTP) tapi tidak semua komputer melakukan penambahan waktu dengan cara begitu.

Sebagian sistem komputer ada yang menambahkan waktu sebagai 60 detik seperti ( 23:59:60 ) lainnya menghitung 59 detik dua kali dan ada juga yang melewatinya begitu saja.

Perisiwa ini pernah terjadi tahun 2012 yang mengakibatkan internet dunia kacau pada saat itu. bahkan membuat sosial media Reddit , Linkedln dan instagram down bukan hanya itu sistem maskapai Qantas mengalami crash karena peristiwa detik kabisat.

Bahkan Sistem dan Software seperti Linux dan MySQL , mengalami bug dan error ketika mendeteksi ketidakseragaman waktu.

Namun jangan khawatir para pelaku TI sudah melakukan persiapan matang terhadap masalah ini seperti Google dan Amazon telah melakukan persiapan untuk menghadapi detik kabisat ( Leap Second ) tetapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi masalah.

Via Kompas
Reaksi: